Jangan Lupa Lakukan Hal ini Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Otolovers, apakah kamu pernah terburu-buru keluar dari mobil dan langsung mematikan mesin mobil secara tiba-tiba padahal audio dan AC masih dalam kondisi menyala?

Sebaiknya hal itu tidak sering-sering kamu lakukan karena dapat merusak mesin. Kalau kamu ingin mematikan mesin mobil pastikan semua perangkat elektronik yang terdapat di dalam mobil seperti audio/radio dan AC sudah mati terlebih dahulu.

Rusaknya mesin itu diakibatkan mesin yang masih bergerak tanpa diikuti oleh pelumasan. Hal tersebut dapat memungkinkan terjadinya gesekan komponen mesin secara kasar. Saat mobil dimatikan dengan tiba-tiba padahal semua perangkat belum dimatikan membuat penurunan tekanan pelumas secara drastis tanpa disertai oleh pergerakan mesin. Oleh sebab itu, kamu perlu menghindari kebiasaan menggeber mesin sesaat sebelum mematikan mesin.

Berikut ini adalah cara mematikan mobil yang benar agar mesin mobil tetap awet seperti yang dikutip dari situs resmi Nissan Indonesia.

1. Saat akan berhenti, sebaiknya kamu mulai mengurangi kecepatan mobil. Dengan begitu, mesin mobil akan ikut menyesuaikan pergerakannya. Selain itu ini juga berguna demi keamanan dirimu sendiri. Sebagian mobil jaman sekarang dilengkapi sistem keamanan yang dapat mendeteksi bahwa mobilmu akan menabrak atau mendekati suatu benda asing. Kemudian, saat mobilmu sudah terparkir dengan benar, berikan sedikit jeda sebelum kamu mematikan mesin.

2. Saat memberikan jeda, kamu juga perlu mengecek berbagai komponen dalam mobil. Karena, beberapa komponen akan tetap aktif menyala walaupun mesin mobil telah mati. Hal ini lah yang bisa menyebabkan aki mobil kamu jadi mati.

3. Hal yang wajib kamu perhatikan sebelum mematikan mesin mobil tidak lain adalah dengan mematikan AC terlebih dahulu. Sebagian besar pengendara justru kerap mematikan mesin lebih dahulu yang dilanjutkan dengan AC, beberapa diantaranya justru lebih terbiasa tidak mematikan AC. Hal ini tentu bisa memengaruhi keawetan kompresor AC, karena mesin mobil yang mati secara tiba-tiba bisa menimbulkan hentakan pada kompresor AC. Nah, jika tak ingin mesin atau AC mobil kamu rusak, kamu harus membiasakan diri untuk mematikan AC mobil terlebih dahulu.

4. Selain AC, hal lain yang perlu dimatikan terlebih dahulu adalah audio mobil. Tak bisa dipungkiri beberapa orang kadang lupa untuk mematikan audio mobilnya, padahal ini juga bisa merusak audio dan juga mesin. Bayangkan saja, saat lupa mematikan audio, audio juga akan segera menyala kembali saat mobil dihidupkan. Audio yang hidup dengan dukungan aki tentu akan kaget karena tekanan aki saat mobil baru menyala tidaklah stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *